Bungkoesotomotif.id, Jakarta — Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) kembali menghadirkan pameran Business to Business (B2B) khusus kendaraan komersial yang bertempat di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta pada 7 – 10 Maret 2024.

Pameran yang bernama GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) yang di adakan setiap dua tahun sekali ini mendapat dukungan penuh dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesida dan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

GIICOMVEC 2024 akan menghadirkan merek-merek besar di Indonesia dari industri kendaraan komersial dan industri pendukungnya, termasuk juga beberapa merek baru yang akan unjuk kebolehan, diantaranya Daihatsu, Foton, Hino, Isuzu, Mercedes-Benz Truck & Bus, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Scania, Suzuki, Toyota, UD Trucks, VKTR, dan Wuling telah memastikan partisipasinya.

Pameran yang akan menggunakan area seluas lebih dari 14.000 m² juga diikuti oleh industri karoseri tanah air dan industri pendukung kebutuhan pemerintah dan kebutuhan kegiatan para pelaku usaha bisnis di sektor swasta, mulai dari light commercial vehicle hingga heavy commercial vehicle.

 

“GIICOMVEC merupakan pameran bisnis yang menjadi solusi lengkap untuk semua kebutuhan kendaraan komersial para pelaku bisnis yang berbeda-beda sehingga memerlukan kustomisasi untuk menyesuaikan ranah industri yang digelutinya, dan GIICOMVEC akan mempermudah para trade visitor mencari semua kebutuhannya dalam satu waktu.” Kata Rizwan Alamsjah, Ketua III GAIKINDO sekaligus Ketua Penyelenggara pameran GAIKINDO.

“GIICOMVEC diharapkan dapat menjadi one stop business solution untuk semua kebutuhan kendaraan komersial dari para trade visitor, mulai dari teknologi terbaru, sasis, karoseri, industri pendukung, hingga perusahaan pembiayaan tersedia disepanjang pameran,” tambah Rizwan.

Kegiatan usaha dan pasar industri Indonesia terus menggeliat seiring dengan pemulihan ekonomi nasional, dimana akan membawa multiplier effect yang luas bagi perekonomian, mulai dari penyerapan tenaga kerja hingga penerimaan devisa.

Salah satu faktor kunci dalam rangka menstimulasi pertumbuhan ekonomi adalah ketersediaan infrastruktur jalan serta sarana pendukungnya untuk mendorong peningkatan efisiensi dan produktivitas kegiatan usaha.

Pembangunan infrastruktur berperan sebagai stimulus bergeraknya beragam aktivitas ekonomi, meningkatkan konektivitas antar daerah, sebagai jaringan lintas utama angkutan orang, barang dan logistik.

Situasi positif ini menjadikan Indonesia sebagai pasar yang sangat potensial bagi industri kendaraan komersial yang terus tumbuh memenuhi permintaan pasar di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO, menyatakan bahwa, “Pertumbuhan ekonomi nasional yang terus mengalami kenaikan positif serta iklim investasi yang semakin kondusif harus dimanfaatkan para pelaku industri, salah satu faktor vital dalam membangun bisnis adalah alat dan sarana transportasi yang efektif.

Saat ini ruas jalan tol yang beroperasi di seluruh Indonesia hampir mencapai 3.000 kilometer, sebuah fasilitas luar biasa yang diperuntukkan hanya untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih.”

Untuk itu Gaikindo mengapresiasi Pemerintah RI. Infrastruktur jalan ini membuka konektivitas antar daerah dan oleh karena itu kegiatan usaha makin terbuka luas mulai dari industri barang konsumsi, produk komoditas, logistik, pariwisata, pertambangan dan lainnya.

“Dengan kendaraan komersial yang tepat dan didukung teknologi terkini, kegiatan bisnis akan berjalan lebih efektif dan tentunya menguntungkan,” jelas Nangoi.

Pameran GIICOMVEC menurut Nangoi juga menjadi ajang yang dapat menunjukkan informasi positif kepada pasar internasional, dan menjadi dorongan kegiatan ekspor industri kendaraan bermotor Indonesia yang sedang terus diupayakan pertumbuhannya.

Seperti tahun 2023 lalu, ekspor industri kendaraan bermotor Indonesia mencatat pencapaian sangat positif di 505.134 unit, dimana 8,18% nya adalah ekspor kendaraan komersial.

“Kami konsentrasi penuh untuk dapat meningkatkannya. Salah satu upayanya adalah dengan memberi dorongan positif lewat penyelenggaraan pameran GIICOMVEC,” Nangoi menambahkan.

Harapannya GAIKINDO dengan dorongan positif dari penyelenggaraan pameran GIICOMVEC, angka ekspor tersebut dapat terus bertambah dan dapat lebih berkontribusi terhadap capaian industri kendaraan bermotor Indonesia.