TGRI Akhirnya Meraih Back-to-Back Setelah Raih Hattrick Di Podium Pertama Kejurnas Sprint Rally 2023 Serie ke 6
Bungkoesotomotif, Indramayu — TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) akhirnya mampu meraih back-to-back gelar juara nasional Group M (AWD) Kejurnas Sprint Rally setelah meraih hattrick podium pertama Kejurnas Sprint Rally 2023 Seri ke-6 di Sport Center Indramayu, Jawa Barat pada Sabtu – Minggu (28 – 29/10).

Pushing the Limit for Better, pasangan pembalap TGRI Ryan Nirwan dan navigator Adi Indiarto berhasil memaksimalkan performa GR Yaris AP4 hingga race terakhir dengan mencatat waktu tercepat pada 3 dari 4 Special Stage (SS) yang dilombakan dengan mengalahkan berbagai pembalap dengan spesifikasi kendaraan yang lebih tinggi bahkan setara dengan Rally 2.

“Kami bangga atas kerja keras tim TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) mengingat rival-rival di Kelas M1 turun dengan spesifikasi race car lebih powerful. Dengan semangat continuous improvement, engineer TGRI sanggup mengubah kelemahan ini menjadi tantangan guna meningkatkan performanya.” kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).

“Hasilnya hattrick podium pertama mulai dari seri ke-4 hingga seri ke-6 berhasil mengangkat posisi GR Yaris AP4 bersama Ryan Nirwan dan Adi Indiarto, mengantarkannya kembali dan meraih gelar back-to-back Juara Nasional Group M (AWD) Kejurnas Sprint Rally 2023. Pencapaian ini selain merupakan penyemangat, juga menjadi modal kuat TAM untuk menurunkan mobil dan teknologi dengan spesifikasi yang lebih baik untuk menjawab kompetisi yang tentunya lebih ketat di tahun depan,” jelas Anton

Kejurnas Sprint Rally 2023 Seri ke-6 yang ikut menjadi agenda HUT Kabupaten Indramayu ini tersaji cukup menantang dengan karakter track medium speed yang siap menguras konsentrasi pembalap.

Sebanyak 4 Special Stage (SS) di jalan aspal (tarmac) sepanjang 3,6 km merupakan lintasan balap baru yang belum pernah dilombakan sebelumnya. Alhasil, pembalap harus dapat beradaptasi secepat dan seefektif mungkin di rentang waktu yang terbatas.

TGRI memulai tahun 2023 sebagai juara nasional kejurnas sprint rally 2023. Namun crash pada seri ke-2 membuat tim kehilangan poin yang berhasil ditebus di seri ke-3 dengan raihan posisi keempat.

Pushing the Limit for Better, duo Ryan dan Adi memperoleh support luar biasa dari engineer TGRI yang berhasil meningkatkan performance GR Yaris AP4 untuk tampil flat out untuk merebut juara pertama pada 3 seri terakhir.

Prestasi ini menempatkan pereli TGRI di posisi kedua klasemen umum dengan 50 poin di mana pesaing di posisi pertama memiliki 55 poin, yang juga berarti membuka peluang juara nasional.

Ryan dan Adi berkompetisi di kelas paling bergengsi M (sedan all-wheel-drive) kategori A menggunakan GR Yaris AP4 sesuai regulasi reli AP4 (Asia-Pacific 4WD).

Mereka mencatat waktu tercepat kedua 03:28.6 di SS 1 dan menebusnya di SS 2 dengan catatan waktu tercepat pertama 03:22.6, pada Sabtu (28/10).

Tidak mau kehilangan momentum, engineer TGRI mempertahankan performanya di jeda balap supaya dapat kembali tampil maksimal, hasilnya pun tidak sia-sia karena mereka kembali mencatatkan waktu tercepat pertama 03:21.8 di SS 3 dan 03:20.6 di SS 4, pada Minggu (29/10).

Dengan catatan waktu total 13:33.6, pembalap TGRI berhasil meraih podium pertama dengan selisih waktu 02.7 detik.

”Kami bersama tim TGRI membuktikan bahwa semangat pushing the limit for better perlahan mampu membawa tim kembali meraih juara nasional Kejurnas Sprint Rally 2023. Bahkan meskipun level of competitiveness GR Yaris AP4 di bawah para pesaing utama di grup paling bergengsi Group M (AWD), kerja keras engineer TGRI berhasil meningkatkan performanya di tiap race hingga mampu merebut hattrick juara pertama di seri ke-4 sampai ke-6. Semoga kemenangan tahun ini dapat meningkatkan semangat tim TGRI untuk langsung meraih poin maksimal sejak seri pertama tahun depan,” ungkap Ryan Nirwan pereli TGRI.

Berita menggembirakan juga datang dari tim global TOYOTA GAZOO Racing (TGR) di mana pasangan pembalap Kalle Rovanperä dan co-driver Jonne Halttunen berhasil memastikan gelar Juara Dunia Pembalap World Rally Championship (WRC) 2023 dengan menempati podium kedua Central European Rally 2023 dengan mengandalkan GR Yaris Rally1 Hybrid, outstanding performance tersebut menambah gelar Juara Dunia Manufaktur WRC 2023 yang telah dipastikan di Chille Rally sebelumnya.

Hasilnya, tim dan pembalap TGR global kembali mengukir rekor sejarah baru di ajang WRC. Gelar ini merupakan gelar juara dunia kedua berturut-turut bagi Kalle Rovanperä dan Jonne Halttunen, sekaligus gelar juara dunia ke-5 berturut-turut untuk pembalap TGR dengan 3 pembalap berbeda.

Sementara raihan Juara Dunia Manufaktur WRC 2023 merupakan gelar juara dunia ketiga berturut-turut untuk tim rally TGR.

“Kami mengapresiasi penampilan tim TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) yang dengan semangat continuous improvement berhasil comeback dan meraih podium pertama pada 3 seri terakhir untuk memastikan kembali gelar Juara Nasional Group M (AWD) Kejurnas Sprint Rally 2023. Kami juga bangga atas prestasi luar biasa yang diperlihatkan oleh tim induk TGR global yang kembali menyandingkan gelar Juara Dunia Pembalap dan Manufaktur WRC 2023. Semoga perjuangan TGRI di kompetisi balap nasional akan menyebarkan excitement dan joy of GAZOO Racing kepada para motorsport enthusiast dan fans GR di seluruh Indonesia,” ungkap Fumitaka Kawashima, Marketing Director PT TAM.

Tinggalkan Balasan