Bungkoesotomotif.id, Tangerang — Dalam rangka mengikuti Kontes SMK Tingkat Nasional PT Wahana Makmur Sejati (WMS), main dealer sepeda motor wilayah Jakarta-Tangerang mempersiapkan guru dan siswa SMK terpilih.

Final kontes yang bertajuk Astra Honda Skill Contest for Vocational School 2024 “Festival Vokasi Satu Hati” diikuti oleh 6 guru dan 12 siswa SMK binaan PT Astra Honda yang digelar di Wahana Training Center (WTC) Jatake, Tangerang pada 27–29 November 2023.

Melalui final kontes SMK tingkat guru dan siswa SMK regional wilayah Jakarta -Tangerang, mereka yang terpilih ini nantinya akan mengikuti Kontes SMK Nasional tahun depan.

“Kami serius mencari yang terbaik dari 56 SMK binaan di wilayah Jakarta-Tangerang. Penyaringan ketat kami lakukan untuk menjadi perwakilan Jakarta dan Tangerang di tingkat nasional,” ungkap Benedictus F. Maharanto Head of Technical Service Department PT WMS.

Seleksi tahap I diikuti oleh 112 siswa dan 56 guru dari 56 SMK dimana jumlah tersebut kembali diperkecil melalui seleksi tahap II.

Hingga babak akhir kini jumlah siswa yang lolos ke seleksi tahap II adalah 35 orang, sedangkan jumlah guru tercatat 20 orang.
Pada akhirnya, yang mengikuti final Kontes SMK regional wilayah Jakarta – Tangerang tersisa 6 guru dan 12 siswa.

Seluruh finalis terpilih mengikuti kontes final selama tiga hari sejak 27–29 November 2023. Dalam hal ini tiga materi uji yang diberikan meliputi teori, praktik kerja, dan pemecahan problem teknis produk Honda atau troubleshooting.

Para pemenang nantinya akan mengikuti Kontes SMK Tingkat Nasional yang akan digelar oleh PT AHM awal tahun 2024.

Nantinya, akan ada tiga siswa SMK dan satu guru SMK yang menjadi perwakilan wilayah Jakarta – Tangerang dalam Kontes SMK Tingkat Nasional 2024.

“Untuk menghadapi kontes SMK tahun depan, kami melakukan seleksi yang lebih ketat. Kami juga melakukan pembinaan selama satu bulan dengan metode yang berbeda demi merebut juara nasional,” jelas Benedictus.

Kontes SMK untuk jurusan Teknik Sepeda Motor ini menyajikan hadiah menarik dan beasiswa pendidikan.

Ajang ini sekaligus menjadi pembuktian kemampuan guru dan siswa di kancah nasional.

Pemenang Kontes SMK Regional Jakarta- Tangerang 2023 dimenangkan oleh Surya Chandra asal SMKN 8 Tangerang sebagai pemenang pertama, kemudian Alfiza Putra Nusantara asal SMKN 12 Tangerang sebagai pemenang kedua disusul pemenang ketiga Dennis Haryudanto asal SMKN 34, Jakarta.

Sementara untuk kategori guru dimenangkan Deden Yoesup Maulana guru SMKN 8, Tangerang sebagai pemenang pertama, kemudian disusul Bayu Rachmad Maulana guru SMK Excellent I, Tangerang sebagai pemenang kedua serta M.

Syukron Mudatsir guru SMK Yuppentek II.
Penyerahan piala kepada para pemenang berlangsung dalam Sarasehan PT AHM & SMK Binaan PT AHM wilayah Jakarta -Tangerang Tahun 2023 dan Awarding Juara Skill Kontes Siswa & Guru SMK Tingkat Regional Jakarta-Tangerang Tahun 2024 yang berlangsung di SMK Jaya Buana, Kabupaten Tangerang, Selasa (12/12).

Sinergi Bagi Negeri tercermin dalam sarasehan dan awarding tersebut. Pasalnya, PT WMS juga menggelar kampanye cara berkendara aman #Cari_Aman, service motor gratis, dan sosialisasi cairan katalis pembenahan tanah serta pengobatan gratis dari Rumah Sehat Wahana.

Tinggalkan Balasan