Bungkoesotomotif.id, Jakarta – Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) kembali menggelar pemilihan mobil dan sepeda motor terbaik setelah 3 tahun (2020-2022) absen, dimana agenda ini merupakan bagian dalam mendorong percepatan penggunaan kendaraan rendah emisi dan ramah lingkungan serta adanya penambahan kategori baru.

Cars of The Year 2023 memiliki satu pemenang pada masing-masing 3 kategori, yakni ICE (Internal Combustion Engine), HEV (Hybrid Electric Vehicle), serta BEV (Battery Electric Vehicle). Demikian pula dengan sepeda motor, pada edisi tahun ini memiliki pemenang untuk kategori ICE dan sepeda motor listrik.

“Hadirnya kategori-kategori baru yakni Hybrid Electric Vehicle, Plug-in Hybrid Electric Vehicle, dan BEV tak lepas dari tren kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Lewat penghargaan ini pula, kami ingin mengapresiasi para produsen yang telah meluncurkan teknologi elektrifikasi yang harapannya bisa membantu pencapaian target pemangkasan emisi dan menumbuhkan industri otomotif dalam negeri,” ujar Indra Prabowo, Ketua Umum FORWOT.

Seperti pada pelaksanaan sebelumnya, para anggota Forwot menghimpun mobil dan sepeda motor yang meluncur sepanjang Januari 2022 hingga Oktober 2023, dimana selama periode tersebut telah menjaring 88 model kendaraan untuk penilaian Forwot Cars of The Year 2023 (FCY 2023). Dari total tersebut terdapat 55 model mobil ICE, 16 mobil berteknologi HEV, dan 17 model BEV.

Sedangkan untuk Forwot Motorcycles of The Year 2023 (FMY 2023), tim juri mengumpulkan 59 model yang meluncur sepanjang Januari 2022 hingga Oktober 2023, dimana 15 model di antaranya adalah sepeda motor listrik.

Pada kesempatan yang sama Ketua Dewan Juri FCY 2023 yang juga Ketua Bidang Roda-Empat FORWOT Mufrod mengatakan, “Sejak beberapa tahun ke belakang kami melihat tren elektrifikasi dengan banyaknya peluncuran mobil kendaraan elektrifikasi. Kehadiran kendaraan yang ramah lingkungan ini direspons baik oleh pasar dan terbukti penjualannya mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Di sisi lain, kami pun menangkap pertumbuhan tren SUV dari berbagai ukuran, mulai dari small, compact, medium hingga large.”

Penggunaan kendaraan elektrifikasi menjadi salah satu upaya yang didorong pemerintah untuk mencapai target netralitas karbon pada 2060. Belum lama ini, Presiden Joko Widodo menerbitkan Perpres No. 79/2023 terkait TKDN mobil listrik untuk merangsang industri kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia.

“Biaya operasional yang relatif rendah menjadi salah satu alasan masyarakat mulai beralih menggunakan sepeda motor listrik. Permintaannya pun semakin besar terlihat dari makin banyaknya merek dan model yang tersedia di pasar,” ungkap Ainto Harry Budiawan Ketua Bidang Roda-Dua FORWOT dan Ketua Dewan Juri FMY 2023.

Saat ini Forwot mengumumkan 25 kendaraan roda empat dan roda dua favorit setelah melalui beberapa aspek penilaian mulai dari Desain, Kenyamanan, Keselamatan, Performa, Handling, Fungsionalitas, Pengalaman Berkendara, dan Harga.

Kendaraan tersebut adalah disusun berdasarkan alfabet. Untuk katagori ICE Roda Empat meliputi Chery Omoda 5, Honda HR-V, Hyundai Stargazer X, Mitsubishi Xforce, Wuling Alvez. Untuk HEV Roda Empat meliputi Honda CR-V Hybrid, Suzuki Grand Vitara Hybrid, Suzuki XL7 Hybrid, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, Wuling Almaz Hybrid. Sedangkan untuk BEV Roda-Empat meliputi Hyundai IONIQ 6, Kia EV6 GT-Line, Neta V, Toyota bZ4X dan Wuling Air ev.

Sedang untuk katagori ICE Roda-Dua berdasarkan alfabet meliputi Aprilia SR-GT 200, Honda ADV160, Suzuki V-Strom 250 SX, Vespa GTV 300, Yamaha X-Max Connected. Sedang untuk Sepeda Motor Listrik meliputi, Alva Cervo, Gesits Raya G, Polytron Fox R, Vespa Elettrica dan Yadea E8S Pro.

FCY dan FMY merupakan sebuah penghargaan bergengsi terhadap kendaraan roda-empat dan roda-dua karena dipilih oleh para jurnalis dari berbagai media nasional secara mandiri, professional dan obyektif. Ini merupakan salah satu kontribusi FORWOT terhadap isu maupun industri otomotif di Indonesia.

Pengumuman pemenang dari masing-masing kategori akan disampaikan pada Jumat, 22 Desember 2023, di Jakarta. Tunggu info selanjutnya unuk menjawab rasa penasaran anda.

Tinggalkan Balasan