Bungkoesotomotif.id, Jakarta — Dalam rangka memperingati hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November komunitas motor Royal Riders Indonesia (RoRI) Chapter Jakarta atau yang dikenali Rojak melakukan touring menuju Km. 0 Indonesia di Sabang Aceh.

Acara yang dilaksanakan sejak tanggal 1 – 11 November 2023 diikuti 14 riders, satu di antaranya adalah perempuan berusia lebih dari 50 tahun.

Kegiatan touring ini meski diinisiasi oleh Rojak, namun terdapat dua perwakilan dari chapter lain yang turut ambil bagian dengan bertajuk Expedition to The West 2023. Mereka adalah dari RoRI Sub Chapter BRADERS dan RoRI Chapter Jawa Tengah.

ROJAK menyadari bahwa perjalanan kemerdekaan Republik Indonesia tidak lepas dari rahmat Allah melalui perjuangan para pahlawan, sehingga untuk masa sekarang mereka dapat melakukan touring ke mana pun di Indonesia ini dengan leluasa.

Marshall Rojak, Gunara Setiadi menyampaikan bahwa peran para pahlawan harus terus kita kenang. Secara khusus, selaku pecinta aktivitas bersepeda motor dirinya menekankan dari kegiatan hobi tersebut harus dapat mengisi kemerdekaan tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Alhamdulillah Indonesia telah dianugerahi kemerdekaan. Sehingga saat ini kita hanya tinggal mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya dan tidak lupa mengenang jasa para pahlawan yang sudah mengorbankan hidupnya untuk kemerdekaan. Mengenang jasa para pahlawan dengan mengunjungi makam para pahlawan dan juga mengunjungi museum agar kita kembali mengingat sejarah perjuangan para pendiri bangsa.” tegas Gunara Setiadi.

Selaku pecinta aktivitas bersepeda motor kita punya cara-cara sendiri dalam mengisi kemerdekaan tersebut, diantaranya dengan mengenang jasa para pahlawan dan menjadi pelopor ketertiban dan keselamatan berkendara di ruang lalu lintas jalan,” tambah Gunara.

Setiap tahun saat Hari Pahlawan tiba Rojak selalu melakukan kegiatan riding untuk mengenang perjuangan para pahlawan, diantaranya dengan melakukan ziarah kubur ke makam para pahlawan.

Hal sederhana lain namun dampaknya luar biasa adalah mendoakan mereka yang sudah gugur agar mendapatkan “kemerdekaan” di akhirat berupa surga di sisi Allah subhanahu wa ta’ala.

Seperti pada 28 Oktober 2023 lalu, sebelum perjalanan Expedition to The West 2023 dilaksanakan Rojak melakukan ziarah kubur ke makam proklamator Muhammad Hatta. Sedangkan untuk menambah kecintaan dan menyegarkan wawasan member Rojak melakukan kunjungan ke museum proklamasi.

Sementara touring menggunakan sepeda motor Expedition to The West 2023 ini merupakan inisiasi dari salah satu member Rojak yaitu Arie Djuanda.

Awalnya perjalanan menuju KM 0 Indonesia di Sabang hanya akan dilakukan oleh beberapa orang saja, mengingat animo untuk ke KM 0 di lingkungan RoRI sendiri tinggi maka dibuka untuk seluruh member RoRI

Perjalanan dimulai pada Rabu, 1 November 2023 dini hari dari Sekretariat RoRI jalan Proklamasi No.19, Menteng, Jakarta Pusat. Dalam hal ini Presiden RoRI, Adnan Maddanatja beserta istri, dan Marshall Rojak, Gunara melepas empat belas rider dalam memulai perjalanan serta menemani perjalanan denganI melakukan touring sampai Lampung.

Setelah tiba di Pulau Sumatra, rombongan menyusuri pesisir barat Sumatra sekitar 3000 KM diikuti oleh perempuan berusia lebih dari lima puluh tahun. Ia sendiri merupakan member RoRI Jakarta dan menggunakan sepeda motor Royal Enfield Classic 500.

Meski disediakan dua unit mobil support, member Rojak bernama Mita ini tidak mau kalau dalam perjalanannya ini tidak bersepeda motor walau hanya berjarak semeter pun.

Rencananya perjalanan hanya akan dilakukan sampai waktu Maghrib tiba. Pada kenyataannya kondisi tersebut tidak mendukung untuk tiba di Sabang tanggal 10 November. Akhirnya dengan segala perhitungan perjalanan pun tembus sampai jam 2 dini hari.

Perjalanan tersebut tidak dapat dikatakan mudah, sebab cuaca hujan turun di luar dugaan mulai dari Lampung sudah menyambut rombongan Expedition to The West 2023.

Salah satu perjalanan yang dirasa cukup berat oleh peserta adalah dari Painan menuju Kota Padang. Kondisi cuaca hujan, perjalanan di perbukitan, gelap karena sudah malam dan derasnya air hujan yang melintasi permukaan jalan membuat peserta harus ekstra hati-hati. Terlebih kondisi lalu lintas cukup ramai dilintasi mobil truk besar.

Untuk mensyukuri anugerah alam yang indah. Perjalanan Expedition to The West 2023 pun menjamah Pulau Samosir dan menikmati luasnya Danau Toba. Rumah adat yang berjajar di pinggir jalan raya membuat peserta terkagum atas keragaman budaya dan tradisi yang ada di Indonesia.

Akhirnya setelah 10 hari melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor. Peserta touring dalam rangka peringatan Hari Pahlawan tahun 2023 tiba di Monumen KM 0 Indonesia di Kota Sabang.

Selain permukaan jalan yang mulus, kondisi alam yang masih asri peserta juga disambut oleh monyet yang banyak ditemukan di beberapa titik menuju Monumen KM 0.

Setelah perjalanan ini tuntas dilaksanakan. Rencananya perjalanan menuju KM 0 Indonesia akan dilakukan ke bagian timur. Tidak terburu-buru, namun rencananya akan dilaksanakan pada semester pertama tahun 2024 setelah lebaran Idul Fitri.

Tinggalkan Balasan