Bungkoesotomotif.id, Jakarta — PT Hankook Tire Sales Indonesia (HTSI) perusahaan ban global asal Korea selatan meluncurkan tiga model barunya untuk pasar yakni Ventus Prime 4, Dynapro HPX dan Hankook ION EVO yang bertempat di Avenue on 5, gedung M Ten Jakarta pada Jumat (3/11).

Peluncuran ketiga produk ini seiring dengan pertumbuhan pasar kendaraan roda empat di Indonesia. Selain dari harga dan pilihan produk yang kompetitif, Hankook memiliki range ukuran yang sangat variatif, dengan stock keeping unit mencapai 450 yang cukup di atas rata-rata manufaktur lainnya, sehingga dapat memenuhi kebutuhan tinggi dari pasar dengan waktu yang cepat.

“Kami optimis dapat menjadi pilihan ban premium replacement seiring dengan pertumbuhan pasar kendaraan roda empat di Indonesia, sebab ini adalah momentum yang tepat bagi kami untuk memperkenalkan tiga produk baru di Indonesia, yang sebelumnya sudah sukses di pasar Eropa dan Asia Pasifik.” jelas Yoonsoo Shin, President Director PT HTSI di hadapan media.

Ketiga produk yang di luncurkan tersebut Pertama Ventus Prime 4 yang merupakan ban Ultra High Performance dengan teknologi High Mileage Compound atau kompon dengan teknologi jarak tempuh tinggi, yang menghasilkan kekakuan yang lebih baik pada blok tapak, sehingga hambatan gulir dan keausan juga lebih rendah.

Berkat keausan yang lebih rendah, gaya berkendara jadi lebih terkendali, khususnya di jalanan yang basah dimana kompon ini meningkatkan kapasitas jarak tempuh hingga lima kali lebih tinggi serta daya tahan ban lebih baik hingga 20% dibandingkan produk terdahulunya.

Ventus Prime 4 menawarkan kenyamanan dengan pengurangan kebisingan berkat dinding ruang anechoic yang memungkinkan pantulan suara dalam dinding diminimalkan secara signifikan dengan pelapisan bahan yang mudah menyerap.

Sementara Ventus Prime 3 yang merupakan seri pendahulunya merupakan ban terlaris di Eropa hingga saat ini, terjual lebih dari 20 juta unit sejak 2015.
Di Indonesia ban ini tersedia dalam 30 ukuran mulai dari 16 hingga 19 inci, dengan lebar dari 185 hingga 245mm dengan rasio aspek dari 40 hingga 60, dan indeks kecepatan H hingga W.

Produk kedua adalah Hankook iON yang merupakan ban kendaraan listrik dengan teknologi khusus ‘iON INNOVATIVE TECHNOLOGY’ yang terdiri dari empat teknologi untuk meningkatkan performa kendaraan listrik secara keseluruhan yaitu i Sound Absorber (Kebisingan), i Super Mileage (Jarak Tempuh), i Perfect Grip (Cengkeraman), dan i Extreme Lightness (LRR).

Dua fitur turunan, Evolution Technology fokus pada keausan tapak dan peningkatan daya cengkeram, serta Sound Absorber”M fokus untuk mengurangi kebisingan.

Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil uji coba oleh AutoBild, dibandingkan dengan penggunaan ban reguler pada kendaraan listrik, dimana ban ION lebih mampu mengurangi tingkat kebisingan hingga 18% dan 15% masa pakai lebih lama.

Ban ini tersedia dalam 5 ukuran mulai dari 19 – 22 inci dan lebar 235 hingga 285 mm dengan rasio aspek dari 35 – 55 serta index kecepatan W hingga Y.

Saat ini ban iON yang hadir di Indonesia terdiri dari dua pattern, yaitu iON evo dan iON evo SUV.

Untuk diketahui bahwa kendaraan listrik memiliki bobot yang lebih berat karena keberadaan baterai, sehingga dibutuhkan ban khusus yang dapat menopang beban dengan sesuai.

Teknologi yang digunakan terinspirasi dari Hankook iON Race yang menjadi ban resmi dalam kejuaraan balapan Formula E.

iON evo juga memiliki resistansi gulungan rendah yang dibutuhkan setiap kendaraan listrik untuk meningkatkan efisiensi energi, dan memperpanjang jarak tempuh.

“Kendaraan listrik (EV) tengah menjadi primadona di konsumen Indonesia, dan akan menjadi masa depan mobilitas. Hankook memiliki komitmen khusus dalam mengakomodasi fitur terkini yang telah dihadirkan pada EV, seperti kebisingan rendah,” Yoonsoo Shin menambahkan.

Sedangkan produk ketiga adalah Dynapro HPX yang merupakan ban touring premium untuk segala musim dan kondisi jalan.

Berkat teknologi inovatif 3D Grip control Sipes pada alur ban, Dynapro HPX memiliki kemampuan cengkeraman dan traksi yang unggul, sekalipun dalam cuaca buruk.

Teknologi Knurling efektif menekan kebisingan dengan mempersempit jalur masuknya udara saat kendaraan kontak langsung dengan jalanan, tanpa mengurangi kemampuan fitur dari alur tersebut.

Ban ini juga memiliki masa pakai yang lebih lama hingga 12% dibandingkan kompetitor lain di tipe yang sama, berkat fitur Smart Flex Compound, yang membantu area kontak ban lebih merata.

Di Indonesia, ban ini tersedia dalam 16 ukuran mulai dari 17 hingga 20 inci, dengan lebar dari 205 hingga 265 mm, rasio aspek dari 45 hingga 65, dan indeks kecepatan H hingga V.

Pada kesempatan yang sama Apriyanto Yuwono, National Sales Manager PCR PT HTSI menjelaskan, “Baik lineup iON dan Ventus Prime akan hadir di Indonesia pada bulan Desember 2023. Sementara, Dynapro HPX sudah tersedia di gerai sejak bulan Oktober 2023. Para pelanggan dapat mendapatkan produk tersebut di Hankook Master di kota-kota di Indonesia, sekaligus mengkonsultasikan kendaraan mereka dengan tim berpengalaman, yang dapat memberikan rekomendasi perawatan sesuai dengan jenis dan kebutuhan kendaraan pelanggan.”

Tinggalkan Balasan